Emang Blog

Cara Cepat Cari File Dokumen di Internet dengan ELDOXEA

Posted on: July 12, 2010

Pernahkan anda merasa harus menghabiskan banyak waktu untuk menemukan sebuah dokumen yang sesuai dengan yang ingin anda cari di internet? Ya, mencari sebuah konten di internet yang sesuai dengan apa yang ingin kita cari terkadang menghabiskan cukup banyak waktu. Jika kita menggunakan search engine (SE) seperti Google, maka proses pencarian itu dimulai dari memasukkan kata kunci, kemudian memeriksa satu persatu secara teliti hasil pencarian SE -dengan cara men-save file dan kemudian membuka file tersebut- sehingga menemukan konten yang kita anggap sesuai.  Sekarang, dengan hadirnya SE khusus pencari dokumen, kita bisa lebih efisien dan efektif dalam mencari konten khususnya file dokumen di internet.

Sebagai seorang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan riset, saya harus selalu mencari dokumen di internet. Untuk keperluan mengajar misalnya, saya mencari referensi materi kuliah dari universitas lain maupun dari buku-buku terbaru. Untuk keperluan riset, saya juga harus mencari dokumen paper atau artikel ilmiah yang sesuai dengan topik riset saya. Proses pencarian tersebut harus dilakukan dengan memasukkan kata kunci yang tepat pada mesin pencari. Itu saja belum cukup, saya masih harus mengecek hasil pencarian mesin pencari tersebut satu persatu untuk memastikan bahwa dokumen yang saya cari sudah sesuai. Proses pengecekan ini yang memakan waktu dan space, karena saya harus mendownload file dokumen tersebut dan melihat isinya (dengan cara membuka di komputer saya) untuk memastikan apakah isinya sudah tepat. Jika belum tepat atau belum sesuai saya akan  mengabaikan file tersebut atau menghapusnya segera (untuk menghemat spase di komputer saya), dan jika dirasa sesuai saya akan menyimpan file tersebut pada folder khusus yang diberi nama dengan jelas agar mudah dibuka kembali nantinya.

Proses pencarian yang panjang dan terkadang melelahkan itu, akhirnya coba saya reduksi dengan membuat sebuah mesin pencari dokumen online yang bisa mempreview isi dari dokumen tersebut secara online. Dengan melihat preview dokumen tsb, saya bisa dengan cepat memutuskan apakah akan men-save atau mengabaikan. Adalah ELDOXEA (E-Learning Document Search Engine) yang saya kembangkan khusus untuk tujuan ini. Dengan ELDOXEA, kita sperti biasa memasukkan kata kunci sesuai apa yang ingin kita cari, dan kemudian kita dapat mempreview isi dokumen hasil pencarian tersebut pada tampilan dalam halaman yang sama agar memudahkan kita menilai kesesuaian isi dari dokumen tersebut.

ELDOXEA, saya kembangkan dengan memanfaatkan Yahoo BOSS API dan Google Docs. Meskipun sejauh ini belum saya uji secara empiris, tetapi dengan mencoba dan memanfaatkannya secara langsung, saya merasakan adanya efisiensi dan efektifitas pencarian dibandingkan menggunakan SE secara langsung. Demikian juga dari hasil report beberapa rekan yang telah mencobanya. Tidak percaya? Silahkan dicoba sendiri deh, dan rasakan betapa sistem sederhana ini akan menghemat waktu anda dalam mencari dokumen di internet..

ELDOXEA, cari file dokumen cara cepat dan tepat.. made by me – Herman Tolle😉

Link ELDOXEA: http://www.ayo-cari.com/eldoxea

Link di ProgrammableWeb: http://www.programmableweb.com/mashup/eldoxea

Leave a Reply

Arsip Postingan

Internet Sehat

Internet Sehat

Visitor

Bisnis mudah di Internet

Mau Nonton Film?

ayocarilogomovie

Pengen Punya Domain sendiri???

CO.CC:Free Domain

Blog Stats

  • 49,038 hits

Flickr Photos

Sol Duc Falls

Back to forest

Prairie Falcon 2016

More Photos

EnsikloNesia

