Emang Blog

Monetize Your Blog! Gain Money from Your Blog

Posted on: October 12, 2009

Anda punya website atau blog? Web/blog anda memiliki cukup banyak pengunjung? Pernahkah terpikir bahwa web atau blog anda bisa jadi sumber Dollar bagi anda? Ya, Sudah banyak orang yang melakukan hal ini dan masih akan ada ribuan dollar disana yang menanti andašŸ™‚
So, lets memonetize your blog!

Monetize berasal dari istilah Money dan Digitize yang kira-kira maksudnya adalah mendapatkan uang dari aktifitas digital (berinternet/komputer). Saya sendiri baru tau istilah ini beberapa waktu lalu melalui FB (thanks to Sigit-e’93 for say the word to me). Ternyata ada banyak cara menghasilkan dollar melalui web/blog kita. Silahkan simak terus ya tulisan saya ini.

Salah satu cara yang paling populer saat ini adalah dengan menjadi publisher iklan. Web/blog kita menayangkan iklan produk atau web lain dimana kita akan dibayar untuk setiap klik pada iklan tersebut yang terjadi pada halaman web/blog kita. Sederhana bukan? Ya, prinsip kerjanya memang cukup sederhana.

googleadsense2

Untuk bisa menayangkan iklan bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
1. Anda mencari sendiri pemasang iklan, komisinya 100% buat anda.
2. Anda bekerja sama dengan web penampung iklan, komisinya (biasanya) fifty-fifty, bagi dua antara anda dan web penampung iklannya.

Cara pertama bisa dengan mudah anda lakukan jika blog/web anda memilikijumlah pengunjung ribuan setiap hari seperti detik.com misalnya yang sekarang iklannya seabrek-abrek. Tapi kalau web/blog anda masih belum seperti itu, sebaiknya cara ke-2 yang dilakukan.

Untuk bisa iklan terpasang, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
1. Mendaftar pada web penampung iklan, yang paling populer misalnya saja Google Adsense.
2. Masukan informasi tentang web/blog anda beserta linknya.
3. Menunggu web/blog kita di-review (bisa 1-2 hari).
4. Jika web/blog kita di-approve, maka Login dan Setting jenis dan ukuran iklan
5. Copy-Paste kode Iklan tersebut ke web kita
6. Selesai, tinggal tunggu ada yang mengklik maka kita akan menerima komisinya.

Kelihatannya mudah banget ya, hmm.. ya memang sangat mudah.. eits.. tapi kenyataannya tidak semudah itu, mengapa? karena Google Adsense saat ini cukup ketat menseleksi web mana yang layak di-approve, sehingga tidak asal daftar langsung disetujui Google. Bagaimana supaya bisa diapprove Google Adsense? wah tips tentang ini dipostingan saya selanjutnya aja ya.. biar bisa fokus bahasnya.

googleadsense

Gambar Tampilan Halaman depan Google Adsense

Kalaupun Google Adsense rada-rada susah untuk di-approve, bisa dicoba dulu deh beberapa web penampung iklan lokal buatan Indonesia. Lumayan juga kok, dan proses registrasinya gampang bisa langsung diterima. Bisa dicoba di KUMPULBLOGGER dan KLICKSAYA ataupun

Terus, kira-kira berapa duit tuh dapetnya dari setiap klik? wah.. udah mulai itung-itung pendapatan nih.. hehe.. Yang paling besar dan nomer satu tetap Google Adsense, dapetnya bervariasi, tapi kurang lebih satu klik bisa 0.01 USD atau 0.1 USD atau bahkan 1 USD tergantung berapa harga yang diberikan oleh si pemasang iklan. Sementara kalau untuk pemain lokalĀ  untuk setiap kliknya dihargai antara 200-500 rupiah.

Google Adsense akan mentransfer pembayaran ke rekening kita setelah akumulasi pendapatan kita mencapai 100 USD, sedangkan KumpulBlogger minĀ  Rp10.000 udah bisa ditransfer lewat BCA.

Sekedar sharing aja, kalau dari KumpulBlogger saya udah pernah terima transferan, kalau dari Klick pembayarannya langsung saya konversi balik jadi biaya pasang iklan promosi web saya melalui Klick. Kalau dari Google, lagi nunggu pembayaran pertama nih, udah mau 100 USD, sejak mulai main-main Adsense 2-3 bulan lalu.

Ohya, sebelum anda bersemangat untuk segera mendaftar, saya perlu sampaikan dulu hal ini, dengan sangat menyesal blog di WORDPRESS tidak bisa menerima pemasangan iklan, artinya kalau blog anda adalah dengan domain wordpress.com maka terpaksa anda gak bisa main-main beginianšŸ˜¦ sorry ya.. bukan salah saya lho.. Kecuali kalau blog anda menggunakan CMS-nya WordPress tetapi dihosting sendiri, bukan di wordpress.com.

Nah untuk Blogger karena seduluran dengan Google Adsense -sama2 punya Google, dijamin kalau blog anda di Blogger (blogspot.com) maka akan mudah untuk memasang iklan Google Adsense (dengan catatan sudah di-approve sama bapak-bapak dari Google lho..)

Bagaimana, berminat? yah lumayanlah daripada Blognya sering dibaca orang dan punya potensi menghasilkan dollar tapi tidak kita manfaatkan, Sayang kan.. Ayo-ayo..

Lets Monetize Your Blog!

2 Responses to "Monetize Your Blog! Gain Money from Your Blog"

mendapatkan duit dari memasang iklan memang sangat menarik, tetapi mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi…nah itu tuh yang susah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Arsip Postingan

Internet Sehat

Internet Sehat

Visitor

Bisnis mudah di Internet

Mau Nonton Film?

ayocarilogomovie

Pengen Punya Domain sendiri???

CO.CC:Free Domain

Blog Stats

  • 49,038 hits

Flickr Photos

Sol Duc Falls

Back to forest

Prairie Falcon 2016

More Photos

EnsikloNesia

%d bloggers like this: