Emang Blog

Cara Mudah Membuat Hotspot Tanpa Wireless Router

Posted on: August 11, 2010

Ingin membuat hotspot area tanpa harus menggunakan perangkat wireless router? .. Ya, tanpa harus menggunakan perangkat wireless hotspot, cukup dengan memiliki komputer dengan operating system Windows 7 yang memiliki fasilitas wifi dan tentu saja sudah ada koneksi internet kabel (wired).

Di rumah saya sekarang ada koneksi internet melalui kabel, yang merupakan sharing dengan tetangga sebelah. Di Jepang kami biasa berlangganan internet yang biaya sewa bulanannya bervariasi mulai dari sekitar 1000 yen per bulan sampai yang 10 ribu yen per bulan. Kami menggunakan koneksi 50 Mbps dengan biaya sewa sekitar 5000 yen per bulan. Lumayan mahal untuk ukuran uang rupiah.. tapi karena dipakainya sharing 2 rumah, jadi biaya sewanya bisa patungan. ;)

Kebetulan saya punya beberapa perangkat lain yang bisa terhubung ke jaringan internet hanya melalui koneksi wireless (wifi). Sayangnya, karena hanya ada koneksi kabel, perangkat-perangkat tersebut tidak bisa mengakses internet, kecuali laptop yang bisa dihubungkan melalui kabel UTP. Awalnya saya ingin membuat hotspot di rumah dengan menggunakan perangkat wireless router. Saya kemudian membeli wireless access point kecil seukuran USB flashdisk merk buffalo tipe WLI-UC-GN yang dapat berfungsi sebagai penerima wireless maupun sebagai akses poin (AP). Ini perangkat AP yang paling murah mungkin, harganya sekitar 1200 yen, bandingkan dengan AP beneran yang harganya diatas 5000 yen. Ternyata proses instalasi AP kecil ini tidak sukses-sukses, hanya fungsi wifi penerima nya yang bisa sukses diinstal, fungsi AP nya gatot alias gagal total, entah karena saya yang tidak bisa menginstall (karena ini Japan version) atau karena ada ketidakkompatibel-an (halah.. bahasane..) dengan komputer yang saya gunakan..

Upaya troubleshooting gagal, langkah yang harus dilakukan adalah Googling, bertanya pada om Gugel bagaimana solusi instalasinya. Cari sana-sini.. saya malah menemukan artikel tentang bagaimana memfungsikan laptop yang menggunakan windows 7 sebagai AP hotspot.. wah ternyata gampang dan mudah.. tau gini.. udah terlanjur beli AP ;)

Begini caranya, ada 2 cara sebenarnya, yang pertama menggunakan fungsi shared network di windows atau cara ke-2 pakai software khusus untuk ini. Saya sudah coba cara pertama tapi tidak sukses.. jadi saya coba cara kedua.

Gunakan Software Connectify
Link webnya disini nih.. Connectify. Dan ini link downloadnya.
Tinggal download dan install, setelah itu setting hostspotnya.. jadi deh..
Keuntungan menggunakan software ini adalah karena dia bekerja sebagai sebuah service di windows sehingga bisa tetap aktif selama komputer tidak dimatikan.

Membuat Hotspot Tanpa Wireless Router Access Point
Requirements:
1. Koneksi Internet Kabel, kalau gak ada koneksi internet ya jangan mimpi mau buat hotspot ;)
2. Komputer/Laptop dengan OS Windows 7 dan ada WIFI-nya
3. Software Connectify

Cara Pembuatan:
1. Download dan Install Connectify
2. Aktifkan software Connectify
3. Konfigurasi hotspot area. Setting nama hotspot dan security key (password)

Ok, mudah banget kan.. Kalau ada problem saat instalasi atau konfigurasi bisa cari solusi di webnya connectify

Nah, sekarang di rumah saya ada koneksi internet wireless, jadi perangkat kecil2 seperti iPhone dan laptop bisa digunakan untuk mengakses internet tanpa kabel. Btw, iPhone itu ternyata perangkat yang sangat berfungsi dan entertain apalagi kalau bisa mengakses internet, misalnya bisa buat akses web, denger lagu, bikin lagu, nonton tv, nonton film, main game, baca buku, main musik dll .. kapan2 saya ceritakan deh kehebatan iPhone.. ;)

About these ads
Tags: ,

13 Responses to "Cara Mudah Membuat Hotspot Tanpa Wireless Router"

Keren..ma kasih share nya…

cara buatin router jd penerima
k mana????
tq

Mau nonton siaran TV lebih dari 3.500 chanel tanpa harus berlangganan TV cable dan bayar biaya pemasangan?Cukup sekali download softwarenya di SINI
Dan nikmati siaran dari seluruh penjuru dunia GRATIS !!!! Setiap hari!!!

kl pake os windows xp bisa ga ya?

lom ad cranya gan

pake xp bisa aja pake bridging see my note http://mydvc.wordpress.com/

mau nanya gan, kok untuk koneksi di HPku gagal terus ya, mohon pencerahan…thanks

wah! kudu pake 7 ya gan?

thanks yah… sharenya

koneksi internet non kabel alias pake modem EVDO Rev.A Smart bisa gak ya? trims

jika koneksi internet nya menggunakan modem Gsm bisa gag ya,,saya dah cuba instal connectivity nya tapi kok gag bisa ya,,?? mohon pencerahan nya,,

saya mw pdang hodspot tp masing bngung settingny,mhon bntuan

hi, can i place an ads on your blog ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Arsip Postingan

Internet Sehat

Internet Sehat

Visitor

Bisnis mudah di Internet

Mau Nonton Film?

ayocarilogomovie

Pengen Punya Domain sendiri???

CO.CC:Free Domain

Blog Stats

  • 42,475 hits

Flickr Photos

Truro Vineyards of Cape Cod

great wall

Hidden Towers

More Photos

EnsikloNesia

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: